Pages

KETENANGAN JIWA

Masalah hidup yang dihadapi sehari hari banyak menjadi pemicu seseorang menjadi stress, mulai masalah keluarga, karir, ekonomi dan yang lainnya. Apalagi di kehidupan yang serba cepat seperti sekarang ini. Banyak hal yang membuat seseorang merasa tertekan, kecewa dan tegang. Masalahnya tinggal pada intensitas. Bila stress itu terjadi terus menerus akan menjadi distress yang berujung pada depresi. Pada tingkat ini penderita kerap melakukan tindakan di luar akal sehat, bisa menjadi gila, bahkan tidak sedikit yang berujung dengan bunuh diri. Pertanyaannya apakah kita harus menghindar dari masalah? Jawabannya tentu tidak, sebab sudah menjadi sunnatullah bahwa setiap manusia yang hidup di dunia ini tidak akan terlepas dari masalah.
Banyak orang yang berdalih melupakan masalah dan mencari ketenangan jiwa, melakukan hal hal yang justru dilarang oleh Allah, Swt. Berjam jam nongkrong di tempat hiburan, menenggak minuman keras, sampai terjerembab ke jurang narkoba, hal hal seperti itu alih alih ingin mencari ketenangan jiwa dan melupakan masalah, yang terjadi malah sebaliknya yaitu menghancurkan jiwa dan menambah masalah sebab ketenangan yang dicapai dari hal hal seperti itu hanya ketenangan yang semu dan sekejap saja.
Islam sebagai Agama Rahmatan lilalamin, tentunya selalu siap memberikan solusi untuk menghadapi tekanan hidup dan mencapai ketenangan jiwa, bagi orang orang yang beriman tentunya tidak ada istilah kata stress. Sebab orang orang yang beriman ketika menghadapi permasalahan, yang dikedepankan adalah kepercayaan akan kasih sayang Allah Swt. Mereka percaya apabila diberikan cobaan hidup merupakan ujian untuk mancapai tingkatan derajat yang lebih tinggi dalam keimanan dan kehidupannya, sehingga mencari solusi untuk permasalahannya dengan jalan berusaha dan lebih mendekatkan diri pada Sang Maha Pencipta.
Orang yang beriman juga selalu berusaha mengatakan yang benar itu benar sekalipun pahit dirasakan, dia tidak peduli dengan cemoohan orang orang disekitarnya, asal berkeyakinan bahwa apa yang dilakukan dan apa yang dikatakan benar dan ikhlas karena Allah Swt. Dan dia akan senantiasa memohon ampun atas segala dosa dosa yang telah diperbuatnya.
Untuk mendapatkan ketenangan jiwa dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi di dunia ini Islam menganjurkan untuk selalu menjaga silaturahmi antara sesama manusia, serta selalu menyayangi orang orang miskin yang ada di sekitar peduli dengan nasib yang dihadapi mereka dan senantiasa membantu mencarikan solusi untuk masalah kehidupan yang mereka hadapi, dan dalam pergaulan sosial seorang yang beriman tentunya akan lebih melihat ke bawah dari pada melihat ke atas yang justru akan membuat tekanan hidup akan semakin hebat.
Dan yang tak kalah pentingnya untuk mencapai ketenangan jiwa, sebagai Umat Islam, membaca dan mendengarkan serta menghayati ayat ayat Alquran merupakan hal yang perlu dilakukan setiap hari, sebab Al Quran merupakan wahyu Ilahi yang menjadi tuntunan hidup bagi orang yang beriman, dan di dalamnya terdapat pelajaran yang tak terhingga, sehingga mendengarkan serta membacanya akan menjadikan rasa tenang bagi jiwa. Wallohualambishowab….

0 komentar:

Posting Komentar