Pages

JANGAN TAKUT UNTUK JUJUR

JANGAN TAKUT UNTUK JUJUR
Ditulis Oleh: Misbah
Suatu ketika saya membelikan anak suatu mainan yang lumayan mahal, dengan sangat gembira ia menunjukan mainan tersebut kepada kawan kawannya, sepulangnya ke rumah mainan tersebut rusak, saya sempat merasa kesal. Tetapi setelah dia becerita penyebab mainan tersebut rusak dikarenakan terjatuh oleh dia sendiri dan dia mengakui apa adanya serta meminta maaf, saya jadi luluh dengan kejujurannya.
Sering kali kita menemukan dalam kehidupan sehari hari selalu banyak yang kurang jantan mengakui kesalahan dan dengan gentle meminta maaf, sehingga berusaha mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahannya. Kejujuran diartikan secara baku adalah mengakui, berkata atau memberikan inpormasi apa adanya sesuai dengan kenyataan yang terjadi, dan kejujuran harus mulai ditanamkan sejak awal dan dalam segala aspek kehidupan.
Kejujuran merupakan faktor penting bagi seorang manusia. Kejujuran tidak bisa dinilai dengan apapun. Tetapi saat ini orang orang yang berani berkata jujur, berani memegang aturan apa adanya sangat sulit untuk bisa berkembang. Ketidak jujuran sudah menjalar ke semua sendi kehidupan masyarakat, dari mulai tukang beca sampai pejabat. Orang sudah tidak memperdulikan dengan aturan, tidak memperdulikan dengan syari'ah yang seharusnya selalu jadi tuntunan.Sekarang lebih dihargai orang yang berduit tidak peduli akhlaknya seperti apa dari pada orang punya kejujuran, orang yang jujur selalu dibatasi ruang geraknya supaya tidak bisa mengemukakan kebenaran dan informasi yang sebenarnya terjadi, orang yang jujur selalu diberangus, dipenjara, bahkan tidak sedikit yang sampai dilenyapkan dari muka bumi.
Bahayanya penyakit kemunapikan (tidak jujur) sangat lah besar, sebab dalam sejarah Rasul pun pernah kalah dalam perang Uhud yang disebabkan oleh sikap orang orang munapik yang tidak mematuhi perintah Rasul dan tergiur oleh harta rampasan perang yang tidak seberapa, sehingga akhirnya dikalahkan oleh Tentara kaum kafir. Ketidak jujuran bisa mengerogoti semua sendi aspek kehidupan berbangsa,bisa menimbulkan korupsi dimana mana, menimbulkan Kolusi dan Nepotisme, yang pada akhirnya bisa membawa kehancuran bagi bangsa dan negara tercinta.
Tetapi dengan semangat untuk menegakan kebenaran dan menunjukan pada dunia bahwa dengan kejujuran tidak akan jatuh pada jurang kemiskinan, dengan kejujuran tidak akan menjadi penghambat bagi perkembangan seseorang dan yakin akan pertolongan Allah Swt. marilah kita selalu berusaha jujur dalam berbagai sendi kehidupan, jujur dalam berpikir, jujur dalam berkata serta jujur dalam bertindak dengan memegang aturan apa adanya tidak tergiur dengan iming iming dunia yang tidak seberapa, dan mau untuk berkata yang sebenarnya terjadi….!, Jangan pernah takut untuk menghadapi kenyataan yang terjadi….jika itu BENAR..!!!”. Yakin Allah beserta Orang yang JUJUR.

0 komentar:

Posting Komentar