Pages

Membiasakan Diri Berbuat Kebaikan

Ditulis Oleh : Misbah.



Perbuatan baik yang dilakukan oleh setiap manusia akan selalu mendatangkan ketenangan dalam jiwa. Tidak ada akibat bagi orang yang selalu berbuat baik kecuali kebaikan dan kebahagiaan yang akan dia dapatkan, cepat atau lambat balasan kebaikan itu akan datang. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk berbuat baik dari mulai dengan hal hal yang beripat sepele seperti tersenyum pada orang lain dan membuang sampah pada tempatnya, sampai dengan kebaikan yang bersipat besar. Berbuat baik bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Hal yang paling sulit dalam berbuat baik adalah memulainya, karena memulai suatu pekerjaan atau kebiasaan lebih sulit daripada meneruskannya atau membiasakannya. Seperti halnya kita mendorong mobil yang mogok, kita akan merasa kesulitan ketika memulai mendorongnya mobil akan terasa berat untuk digerakan, tetapi apabila roda mobil telah mulai berputar maka beban mobil sepeti berkurang dan sangat mudah digerakan, walau hanya dengan satu orang. Begitupun dalam berbuat kebaikan akan terasa sangat kesulitan apabila kita akan memulainya, tetapi apabila sudah mulai dibiasakan maka akan terasa mudah dan menjadi kebiasaan serta menjadi tuntutan diri.

Kita sebagai orang Islam sudah semestinya selalu berkeinginan untuk memperbaiki diri, menambah kualitas diri, dan menjaga kestabilan iman kita. mengamalkan amalan sholeh yang benar-benar di contohkan oleh Syariah tanpa menambah dan menguranginya. dengan mencari ilmu dan mempraktekannya.

Semangat dan iman selalu naik turun. ketika kita sedang semangat dan iman kita sedang naik, maka kita sangat ingin melakukan amalan ibadah yang banyak dan selalu berkeinginan untuk berbuat kebaikan. akan tetapi jika iman kita sedang turun, maka terasa malas untuk melakukan ibadah yang banyak, begitu kuga akan terasa malas untuk berbuat kebaikan kepada orang lain.

Untuk menjaga kebiasaan diri dalam berbuat kebaikan tentunya kita senantiasa untuk menjaga kestabilan Iman dalam diri, selalu membiasakan dengan memulai dari hal hal yang terkecil seperti selalu memberikan senyuman kepada orang kita jumpai, menunjukan keriangan dan semangat dalam diri. Perbuatan baik yang bersipat kecil tetapi dilakukan dengan cara terus menerus akan sangat berarti bagi diri untuk bisa melakukan kebaikan yang lebih besar.



“ Kita harus senantiasa berbuat baik kepada sesama. Setiap kali anda melakukan kebaikan untuk orang lain, anda akan merasakan kepuasan batin dan kebahagiaan. “ 




0 komentar:

Posting Komentar