Pages

MENGHARGAI SESAMA

Kejadian yang dialami manusia silih berganti kadang ada rasa senang kadang juga ada rasa sedih, suatu waktu ada di atas maka di lain waktu akan ada di bawah, kejadian tersebut bukanlah suatu hal yang aneh atau langka bagi manusia, sebab manusia diciptakan oleh Tuhan berbeda beda.
Manusia dilahirkan sebagai makhluk yang paling sempurna dihadapan Tuhan, dan yang dijadikan pembanding adalah akal dan pikirannya, akal dan pikiran adalah yang membedakan antara manusia dengan makhluk lainnya diciptakan Tuhan, dengan akal dan pikiran yang dimilikinya pula antara satu manusia dengan yang lainnya pasti terjadi perbedaan walaupun ditakdirkan lahir sebagai manusia yang kembar.
Dengan perbedaan yang dimiliki oleh sesama manusia maka sikap menghargai  sesama manusia menjadi  hal yang sangat krusial dan sekaligus langka. Ini disebabkan karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang egois selalu ingin menang sendiri, tampa melihat sisi buruk dirinya sendiri.
Banyak hal yang kita tidak sadari sebagai makhluk ciptaan Tuhan, bahwa kita bukan lah sebagai makhluk yang super dan sempurna, sebab setiap manusia pasti mempunyai sisi kelemahan masing masing disamping juga kelebihannya.
Kita tidak bisa membayangkan apabila semua manusia tidak bisa saling menghargai antar sesamanya, tidak bisa menghargai hasil karya dan kinerja orang lain, kedamaian dan kerukunan akan menjadi hal yang sangat langka ditemukan, keributan dan kecemburuan sosial akan tumbuh subur dimana mana, yang berakhir dengan suasana yang tak menentu bagi kehidupan manusia di dunia.
Bentuk penghargaan yang paling diperlukan untuk menghargai hasil karya orang atau menghargai perbedaan antara sesama manusia bukan hanya berbentuk financial semata, Penghargaan yang paling utama adalah dengan sikap toleran yang diberikan. Sikap dan niat baik untuk menghargai sesama manusia, tidak menganggap diri lebih mulia, lebih pintar, serta lebih tahu dari orang lain, menghormati dan selalu menempatkan posisi orang yang ada di hadapan kita sederajat lebih tinggi dari kita, itu semua lebih utama dan tidak bisa dinilai dengan harta yang ada di seluruh dunia sekalipun…semoga rasa hormat semakin tumbuh dalam diri kita..amin.

0 komentar:

Posting Komentar